Physic Olympiad Nations PHOTONS ITB #Bandung

Banyak cerita menyenangkan di Kota dingin, Bandung Jawa Barat .
Tahun 2011 lalu aku diberi kesempatan untuk berkunjung ke kota itu .
Suasana Kampus ITB Utama menjelang sore
Mengawali semester ganjil di kelas III SMA aku dan temanku lolos kompetisi fisika tingkat nasional di ITB (Institut Teknologi Bandung) Januari 2011
bersama Rifqa dan Alex yang saat itu berbeda kelas denganku di XII IPA 2 dan aku XII IPA 1 SMA Negeri 1 Pekanbaru.

Dan semua itu diawali dengan tulisan paper dengan judul "Ultrasonografi aplikasi fisika dalam bidang kedokteran" ditengah ujian semester aku mengerjakan itu. Cukup melelahkan membaca diktat diktat mahasiswa kedokteraan padahal aku masih duduk di bangku sekolah menengah, belum lagi kaidah rumus fisika tingkat universitas dalam aplikasi gelombang dalam alat USG..

minum jus stoberi gratis di kebun stoberi
awalnya ga berniat untuk lolos kompetisi tingkat nasional itu, tapi semua terobati ketika pada bulan januari aku melihat pengumuman tim yang lolos ke babak semifinal di ITB Bandung untuk kompetisi ujian essay .. dengan rangking 22 dari 60 sekolah se Indonesia .. Ya ampun, kalo dipikir pikir, fisika saya sering jeblok, haha lagi lagi bermodalkan menulis :)

Aku tidak tahu banyak tentang ITB, yang kutahu hanya UI dimana tempat kuliah para sepupu sepupuku .. apalagi ketika kecil pernah tinggal di depok. Ternyata ITB tidak sebesar kampus yang saya pikirkan, kampusnya minimalis dan penuh arsitektur yang sangat modern dan klasik.

belum lagi konsep go green nya, dan saya selalu melihat mahasiwa asing berlalu-lalang disana.
Kompetisi berlangsung, nyali seakan ciut melihat peserta yang lolos adalah para jenius dari sekolah mereka, yang didominasi sekolah swasta. lagi lagi etnis chinese menguasai :) dengan tampang mata sipit, kacamata cukup tebal, dan jas almamater sekolah yang menunjukkan prestise sekolah mereka.

Kompetisi berlangsung bikin kepala mumet juga, soal yang disajikan tidak terlalu sulit tapi aturan -4 untuk kesalahan membuat kami begitu ketakutan untuk mencoba menjawab, alhasil tidak lolos ke babak lanjut yang diambil 12 dari 60 team se Indonesia. Tak satupun peserta dari sumatera yang bisa mewakili, karena sejak awal cuma sekolah kami dan SMA 1 Padang yang merupakan perwakilan dari sumatera.
setelah ditelusuri kami mendapatkan rangking 13 . Nyaris saja masuk final, dengan nilai tidak berbeda jauh dengan peserta rangking 12 .
Karena tiket yang kami beli sudah cukup untuk seminggu kedepan, dengan cukup senang dan kecewa kami memutuskan untuk keliling bandung sebelum kepulangan ..

momumen disekitar boscha

Hal yang cukup menyenangkan, bu Nurul selaku pembimbing kami pamit ke jogja sementara dan kami diberikan mobil dengan supir untuk diajak berjalan-jalan :) yaa selama 4 hari kami mengelilingi bandung,
tangkuban perahu, kebun binatang bandung, wilayah dago selalu kami lalui, UPI,Unpad, kebun stoberi, atau tahura juanda dan Boscha.
yaa tidak sepenuhnya dengan mobil, tapi cukup puas untuk mengelilingi semuaa :)
dan ditemani para alumni kakak2 SMA Negeri 1 Pekanbaru yang berkuliah disana, dan mencoba menghasut kami untuk kuliah di ITB haha, hasutan berhasil tapi sayang .. pilihan tak berpihak kesana hehe masih ada pilihan yang lebih berarti . setidaknya saya sudah pernah menjadi mahasiwa ITB selama seminggu hehe :D


Powered by Blogger.