DUA HAL YANG DILIHAT WANITA DARI SEORANG LELAKI KETIKA WANITA MEMILIH

Sebelumnya perlu ditekankan, tulisan ini tidak memprovokasi siapapun. Judul ini sudah direquest beberapa orang dikarenakan beberapa postingan sebelumnya sepertinya membawa banyak pertanyaan deras hal seputar “ehem” jodoh dan bertanya direct kepada saya.

Saya hanya ingin menyampaikan dan menterjemahkan keinginan wanita itu seperti apa bagaimana (5W+1H). Karena tulisan ini didesak oleh kaum lelaki pada umumnya minta dijelaskan XD

Sebagian besar wawancara yang dilakukan mengatakan bahwa wanita sulit ditebak. Kaum wanita pun begitu ketika menterjemahkan pemikiran laki-laki. So, dua makhluk unik ini diciptakan Allah memang berbeda dan itulah tanda kekuasaan Tuhan. Dalam ayat tercantum “dan itulah tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang dapat berpikir”.

Ketika seorang wanita dan lelaki siap akan menikah. Permasalahan awal yang sering terjadi adalah masalah keberanian. Keberanian dari dua belah pihak. Kita akan bahas hubungan yang jelas yaa.. Absolutely menikah. Sebenarnya sederhana, wanita menginginkan dua hal saja ketika memutuskan untuk memilih lelaki yang menjadi imamnya dan menikah, yaitu kepastian dan kesungguhan. Banyak laki-laki yang mapan, sukses, namun dihadapkan pada persoalan ingin melanjutkan pernikahan itu tidak jelas, tidak sungguh-sungguh, tidak pasti, tidak berani dan embel-embel lainnya. Semua embel-embel kesuksesan mereka akan sirna dimata kaum perempuan kalau dua kaidah itu tak terpenuhi. Walaupun barangkali ketika hati telah terpaut ‘falling in love’ kepada sang lelaki tapi tak akan lama ia akan cepat dan melepaskan perasaan itu karena dua hal itu tidak terpenuhi. Percayalaah ... Hahaha (saya perempuan soalnya). Karena kesimpulannya “ngapain mengharapkan sesuatu yang tak jelas, karena kepada Allah-lah berharap bukan manusia” :)

Ketika hati telah berani melabuhkan hati. Intinya berani pula menanggung segala tanggungjawab yang ada. Berani berkomitmen, berubah diri, memantaskan diri untuk lebih baik. Cinta itu bukan omongan picisan yang murah. Cinta itu membawa sebuah bakul beban yang harus dipertanggungjawabkan.

Kita bahas satu-satu. Pertama kepastian. Apa maksud kepastian ? Kepastian jikalau lelaki tidak membawa harapan kosong, cinta kosong, hal bualan. Bagaimana cara membuktikannya adalah mendatangi walinya perempuan menyatakan diri untuk mencintai secara bertanggungjawab mengatakan apa adanya. Itu makanya kenapa islam erat sekali mengatur perkara ini. Mungkin beberapa kelompok pengajian telah memiliki aturan tersendiri seperti proposal dan tata cara lain. Ketika perempuan dihadapkan sebuah tawaran ataupun sebuah pengakuan, perempuan baik-baik tidak akan rela perasaannya diayun-ayunkan ga jelas. Maka wajar sekali banyak kasus-kasus desak nikah dari kaum perempuan kepada sang lelaki. Proses taaruf jadi gagal karena sang ikhwan / calon tidak memberikan kepastian yang jelas.

Kedua adalah kesungguhan. Apa itu kesungguhan ? Kesungguhan disini adalah kesungguhan untuk menjalankan agamanya dengan baik, mencintai sepenuhnya, berkomitmen serius, kesungguhan untuk bertanggungjawab, kesungguhan untuk bekerja keras menuju jenjang pernikahan. Kesungguhan disini adalah sang lelaki mampu untuk merubah diri menjadi orang yang lebih baik, menjamin dirinya berkualitas dan dapat dipercaya. Bersungguh-sungguh untuk membawa sang permaisuri pilihannya menuju surga, menjadi suami yang baik kelak dan ayah yang baik.

Bayangkan ketika seorang ayah melepaskan anak daranya kepada lelaki yang tidak bersungguh-sungguh mencintai anaknya dan memperjuangkan anaknya ? Bagaimana masa depan anak gadisnya ? Tidak akan mungkin orangtua perempuan tega membiarkan anaknya bersama orang yang tidak jelas bukan.

Perempuan baik-baik tidak akan melihat hal lain selain dua hal itu. Perempuan baik-baik akan menjadikan harta, kedudukan, kekuasaan nomor dua. Karena bagi mereka hal itu tidak paling utama ketika ia dihadapkan seorang lelaki yang barangkali tidak memiliki penuh tiga hal tersebut namun punya mental yang tangguh untuk bersungguh-sungguh secara agama, bekerja keras dan kepastian menjamin dirinya yang terbaik untuk sang putri (icak-icak cerita kerajaan). Ia insyaAllah akan menjadikan lelaki itu pilihannya.

So, tulisan diatas murni riset pribadi dan wawancara beberapa klien #eh. Bisa jadi benar bisa jadi salah. Kita dihadapkan fakta serius problematika roman sinetron yang mengaburkan perkara cinta. Saya miris melihat anak sekolah udah T.T belagak dewasa.

Quran juga jelas menerangkan, jikalau tidak sanggup dan belum siap . Persiapkan diri dengan menahan diri dan berpuasa. Sembari menunggu, mempersiapkan diri dan kemudian tak perlu kelimpungan ketika memang “saat” nya sudah hadir.

Bagi para lelaki sedari awal mempersiapkan tabungan untuk bekal menikah, belajarlah mengenal potensi diri sendiri jika ingin menjadi imam yang baik dan mendapatkan istri yang baik. Tak ada waktu lagi menghamburkan waktu, tenaga dan pikiran untuk hal yang tidak produktif dan bermanfaat. Bagaimana ia membawa bahtera rumah tangganya kelak bila dia tak mengenal dirinya sendiri dan apa tujuan hidupnya ?

dan para perempuan, seharusnya juga mempersiapkan diri untuk membangun kualitas diri. Karena wanita sholehah adalah perhiasaan terbaik dunia (mahal tak ternilai oleh apapun). Wanita sholehah adalah packaging complete, selain bagus secara agama, iman, kecerdasaan dan juga akhlak yang baik. Walau didunia tidak ada yang sempurna, tapi sebagai manusia seharusnya kita merancang diri menjadi seorang umat terbaik. Selalu melakukan perbaikan diri.

Ketika waktunya tiba, timing target berumahtangga sudah dalam bidikan anda. abaikan keegoisan diri untuk malu. Karena jalan tercepat menuju patah hati adalah tak berani mengungkapkan (ngutip film Refrain) XD Paling utama adalah serahkan semua kepada Allah, jodoh memang takdir tapi juga membutuhkan ikhtiar dan bukti bahwa kita memperjuangkannya untuk direstui Allah. Gantungkan semua harapan kepada Allah, takperlu memaksakan diri memang bukan jodohnya, Jika kita berharap kepada manusia sama halnya berharap pada ranting yang rapuh akan patah sewaktu-waktu. Sedangkan apabila bergantung pada Nya kita bergantung pada sesuatu yang tak akan goyah tak akan patah selalu kokoh kita tak akan pernah merasa jatuh.

------
for your inspiration

yang menulis tidak lebih baik dari yang membaca

No comments:

Silahkan saran dan kritiknya ...

Powered by Blogger.