7 CARA JADI BLOGGER KEREN

http://cdn4.themelab.com
         Ide ini muncul seketika untuk sharing tentang bagaimana caranya nge-blog itu. Tidak terhitung sudah teman - teman yang meminta saya untuk mengajari mereka cara membuat blog dan asesoriesnya. Sekedar sharing, saya sendiri sudah melakukan blogging sejak mengenal internet. Widiw, saya orangnya kepo bingits. Saya masih ingat ketika era menjamurnya warung internet. Saya selalu mensisihkan uang jajan untuk ke sana. Ada masanya saya ketagihan main game. Tapi ternyata lebih asik saya belajar ngoding ketika jaman friendster merebak. Ketika kita sering berlomba - lomba mendandani friendster biar keren dilihat. Nah, disana saya pertama kali bertemu bahasa ajaib html.

Nah, bagaimana sih cara memulai nge-blog ? Ini cara - cara saya lakukan sebelum dan sekarang.

  1. MULAI DARI SEKARANG
         Saya memulai blogging di blogspot itu tahun 2007 lebih kurang SMP kelas satu. Tapi saya sendiri sudah memiliki blog di laman friendster yang disediakan. Sebenarnya blogging dulu saya pikir hanya diary yang berbentuk digital. Tapi ternyata bisa dibaca semua orang. Well, postingan saya pertama kali adalah curhat layaknya dibuku diary. Namun sekarang sudah dihapus hal yang beraroma demikian. Walau masih sedikit menyelipkan cerita ga penting seperti di postingan ini juga hehe. Ketika mulai blog, kita mulai dari sekarang. Mulai dari menyiapkan konten yang ingin disampaikan. Untuk para pemula. Di awali dengan cerita pengalaman seperti layaknya diary sebelum menemukan hal yang pas. Bisa menggunakan berbagai wadah blog beragam versi yang sudah banyak sekali, dari yang paling jadul sampai tercanggih. Ada blogspot, wordpress, tumblr, medium, dan masih banyak lagi.
       Teman - teman bisa search di Google. *dont be lazy people* . Kira - kira yang mana cocok untuk kita. Baik itu mencari tahu baik buruknya dan plus minusnya. Tapi kalau saya sarankan, untuk pemula bisa menggunakan blogspot. Selain cukup ringan, banyak fitur yang mudah buat kamu untuk mendandani blognya buat bagus terlihat. Tapi bila teman - teman orangnya agresif dan mobilitas tinggi bisa menggunakan tumblr yang fitur mobilenya cukup lincah dan asik digunakan.


2. BELAJAR CODING

     Kalau kamu niat untuk menjadi blogger sejati. Kudu belajar coding setidaknya hal yang dasarnya. Teman - teman pasti mengeluh. Emang blogger harus gitu yaa ? Sebenarnya kalau kamu punya budget banyak untuk meminta oranglain yang kompeten untuk mengurusi blog atau website, bisa saja. Tapi dengan belajar coding, setidaknya bisa menghemat sesuatu bahkan menghasilkan.
Saya pribadi, sebagian besar belajar otodidak untuk membangun template. Kalau kamu suka tantangan, coding itu cukup menantang untuk dipelajari karena kerumitannya. Di awali ketika SMA saya mendapatkan beberapa materi dasar coding yang saya kembangkan dengan mengerjakan beberapa proyek sederhana blog atau website instansi dan juga mengikuti kompetisi blog.
Alhasil, cukup terasah untuk membuat dan editing template dasar bahkan saya mendapatkan penghasilan dari kegiatan editing tersebut. Hingga saking ingin niatnya memperdalam, saya mengikuti kursus singkat selama beberapa bulan mempelajari hosting dan database membangun website dinamis. Php MySQL.  Lagi - lagi namanya skill butuh praktek. Jadi asah terus kemampuan kita. Seperti kata pepatah ala bisa karena biasa.
Satu lagi, dengan tampilan template yang baik dan bagus itu juga menambah hasrat kita buat produktif menulis loh.

3. GOOGLE PUNYA SEGALANYA
     
     Disini bukan ingin ikut mempromosikan perusahaan raksasa ini, tidak promosi aja kita setiap hari sudah menggunakan.  Google punya segalanya buat menfasilitasi kamu baik itu belajar dan juga mendapatkan sumber inspirasi. Misalnya, kamu searching cara 'membuat konten yang menarik atau bermanfaat' atau tips biar trafik blog kamu tinggi'. Tinggal ketik, trus klik enter dan wussh! segala macam hal yang berkaitan yang kamu cari ketemu Kita kadang terlalu malas untuk belajar, padahal sekarang segalanya dipermudah. "Teknologi ada bukan untuk membuat kita malas, melainkan untuk kita makin produktif dan banyak berkarya" ~ saya qoute. hehehe
Tapi sayangnya ini nih, seorang blogger kadang kekurangan bahan sehingga kita sering melakukan plagiat! Be yourself guys ! Konten kamu akan di blacklist oleh google kedepannya di pencarian karena melakukan duplikasi konten. Perkaya keilmuan dan kontribusinya deh, di dunia persilatan online.

4. TARGET
 
http://blogerish.com

    Nah ini paling penting! Untuk apa blog dibuat bila tidak ada isinya. Bikin target buat kamu mengisinya. Mulai dari bulanan, mingguan, hingga harian. Tidak perlu berlebihan, kamu bisa bikin reminder di handphone buat jadwal kamu menulis. Bisa juga kamu awali dengan curhat dulu untuk belajar menyalurkan pikiran, yang penting dimulai dulu deh. Saya sendiri perlu momen khusus untuk menulis blog. Saat ini saja saya masih dalam hitungan target bulanan, dan itu masih kalah dengan teman - teman blogger yang postingannya sudah ribuan post dan juga rutinnya sudah hitungan harian. Itu jadi challenge sendiri buat teman - teman.

5. DIFERENSIASI : BE YOURBLOG-SELF

    Wah istilahnya tinggi banget. Diferensiasi itu pembeda kita dengan yang lain. Blog itu juga gambaran bagaimana diri kita. Tidak usah memaksakan diri untuk sama dengan blogger kece lainnya. Ada mungkin kita yang lirik - lirik blog teman - teman yang sudah menghasilkan banyak iklan karena kontennya menarik dan trafik penggunjung yang tinggi. Ada juga yang jadi stalker sejati buat curi - curi materi dari blog tetangga. Capek banget tentunya. Jadilah diri kamu sendiri, cukup dengan cara menemukan minat dan ketertarikan kamu dengan sebuah konten atau juga sudut pandang. Apa itu kuliner, marketing, sosial, dan lain-lain. Sampaikan argumennya melalui tulisan. Kamu bisa saja menambahkan teori - teori, tapi tidak menganggu argumen kamu tapi sifatnya mengguatkan. 

6. BANGUN KONTEN POSITIF
   
www.unlockdemocracy.org
Pastikan konten yang kamu sajikan adalah hal yang positif. Tidak mengajak pada hal buruk, karena teknologi saat ini memudahkan kita mengumpulkan pundi pundi pahala ataupun dosa. Mudah saja bagi oranglain untuk membagikan apa yang kamu sampaikan. Jika buruk bisa berkali lipat dosanya jika disampaikan ke orang banyak, begitu halnya juga kebaikan. Be ware ! Membangun konten positif tentunya juga dibangun dari pribadi yang positif pula. Boleh saja menyampaikan kritik, tapi sampaikan dengan baik dan juga solutif. Jangan salah ceplas ceplos bikin oranglain yang membaca bikin panas, atau bicara hal tidak baik ke yang lainnya.

7. BERBAGILAH
    
        Hal paling penting, selain konten kamu yang akhirnya dibaca oranglain kemudian bermanfaat. Disini juga momentum oranglain mengoreksi tulisan kita, apa benar baik, buruk atau perlu tambahan. Saya juga berusaha membuka kesempatan seluas - luasnya buat teman - teman untuk mengomentari, mengapresiasi atau bahkan menambahkan di website ini. Alhamdulillah, saya mendapatkan banyak apresiasi ke e-mail saya tentang konten yang saya rutin tulis. Biasanya saya membalas surel sambil menyertakan pertanyaan atau survei sedikit pendapat pembaca tentang tulisan saya, apakah baik atau perlu diperbaiki. Berbagilah di sosial media yang kamu miliki.

Nah itu dia, 7 Cara versi saya menjadi blogger keren. Tips yang terlalu umum menurut saya hehe. Tapi itu yang saya lakukan setidaknya bisa teman - teman aplikasikan atau membuka inspirasi. Satu hal lagi yang paling dasar. NIAT ! Niat adalah awal dari segala tindakan. Niatkan membuat blog untuk hal baik, bukan untuk hal lain. Jangan bikin blog karena gaya-gayaan, atau pengen dapat uang, atau hal lainnya. Niatkan dulu membuat blog untuk belajar dan berbagi. Masalah ada atau tidaknya plus - plus lain itu bonus bukan tujuan. Ingat ! Niat itu menentukan hasil :)

Selamat Jadi Blogger Sejati :D


------
yang menulis tidak lebih baik dari yang membaca

Keep Inspiring !

4 comments:

  1. wow keren. kamu bisa coding/ biasa utak-atik dan design themes wordpress self-host ga? bisa kerjasama mungkin nih suatu hari :). btw, ini pakai Blogspot dengan custome domain kah?

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Saya dulu waktu SMA juga seneng banget ngutak-atik HTML Blogspot, tapi sekarang lebih enak ke Wordpress. Karena saya masih berorientasi ke konten, belum mau ribet sama blog.

    Terimakasih untuk tipsnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHA iya wahyu, tiap - tiap blogger ada nyamannya sendiri dimana kan, saya sendiri make semuanya hehe, cuman dibedain aja kegunaannya..
      keep writing!

      Delete

Silahkan saran dan kritiknya ...

Powered by Blogger.