Be Initiator, Jadi Pribadi Penuh Inisiatif



“Daripada mengutuk kegelapan lebih baik menyalakan lilin,”
Qoute ini beberapa hari ini menginspirasi saya di setiap hal. Kebanyakan dari kita seringkali mengutuk diri, mengeluh akan apa yang terjadi terhadap hidup kita. Setiap hal yang merugikan diri kita, kemudian kita maki habis – habisan, keluar kata – kata tak senonoh, dan banyak orang lain yang terkena imbasnya. Di sosial media, di setiap perbincangan, sehingga diri kita dihiasi oleh negatif-isme dalam menjalani kehidupan. Bener gak ?

Pribadi hebat dan keren tentunya tidak berlaku demikian, tapi ia membuat perubahan. Sama seperti filosofi quote diatas, daripada kita mengutuk kegelapan lebih baik menyalakan lilin. Misalnya kejadian mati lampu, kita maki nih perusahaan listrik karena mematikan lampu listrik kita di saat mengerjakan tugas. Daripada kita mengutuk – ngutuk lebih baik kita ambil penerang apa itu lilin, senter, kemudian lakukan sesuatu agar ada cahaya sehingga bisa mengerjakan pekerjaan yang barangkali belum selesai itu. Simpel kan ?
Mau hal yang lebih besar lagi ?

Kita seringkali mengutuk hal – hal sepele, misalnya mendengar berita buruk tentang Indonesia, tentang kemiskinan, pendidikan rendah, dan masih banyak lagi. Kemudian parahnya koar sana sini di sosial media, menganggu kehidupan oranglain dengan pikiran negative kita, dan well kita akan mendapatkan citra buruk hal – hal baik lambat laun menjauh dari kita.

“Jadi ga boleh dong bersuara, kayak demo gitu ?”

Boleh kok bersuara, tapi bisa dilakukan secara bijaksana dan elegan hingga bisa di dengar. Tentu penyampaian orang yang berpendidikan beda dengan yang tidak? THINK AGAIN!
Menjadi inisiator adalah pribadi yang selalu berinisiatif akan banyak hal yang terjadi. Biasanya adalah pribadi yang problem solver, selalu mengedepankan solusi ketika ada masalah. Bukan mencari kambing hitamnya. Jujur saya suka sekali dengan pribadi inisiator, karena pribadi ini kaya akan ide – ide, semangat, optimisme, argumentasi yang luarbiasa. Pribadi inisiator adalah pribadi yang emas bagi sebuah organisasi, baik di lingkungan kerja ataupun kampus.

Seperti apa pribadi inisiator ?

1.    Fokus pada solusi
2.    Segudang ide, gagasan, dan berwawasan luas
3.    Talk less do more, banyak bertindak daripada berbicara
4.    Menginspirasi mampu memberikan pengaruh
5.    Pribadi yang demokratis
6.    Pendengar yang baik
7.    Rendah hati (tidak memaksakan kehendaknya)

Lebih kurang orang – orang inisator memiliki karakter demikian, dengan tangannya ia banyak bertindak, dengan hatinya ia memberikan kasih saying dan kebaikan, memiliki semangat belajar yang tinggi. Impactnya ! ia akan berpikir untuk membuat perubahan apapun disekelilingnya, baik itu dimulai dari diri sendiri hingga berdampak luas bagi oranglain.

Bagaimana cara menjadi pribadi inisiator demikian ?
  1. Never stop learning, tidak berhenti belajar baik itu dari oranglain, buku – buku, seminar, media manapun
  2. Mengikuti organisasi dan terlibat aktif di dalamnya
  3. Berani menerima tanggungjawab dan menyelesaikannya
  4. Berani mengungkapkan pendapat dalam pemecahan masalah bersama
  5. Memiliki tekad penuh melakukan perubahan dan tentunya bukan perubahan asal – asalan, melainkan melalui riset, pengamatan, dan perencanaan yang matang. Dalam hal ini bila ingin membuat perubahan dalam jangka panjang.
  6. Bergerak bergerak bergerak
Apa sih untungnya menjadi pribadi penuh inisiatif ?

1.    Memberikan banyak manfaat baik untuk diri sendiri dan oranglain
2.    Terlatih untuk senantiasa berpikir positif dan solutif
3.    Setiap urusan terasa ringan dan mudah, hingga jauh dari stres
4.    Kaya akan karya luarbiasa
5.    Banyak teman, karena disukai banyak orang
6.    Menemukan banyak peluang
7.    dan masih banyak lagi

Yuk kita berjanji kepada diri kita sendiri untuk menjadi inisiator dalam banyak hal, membuat perubahan bukan membuat kerusakan. Tunjukkan bahwa kemajuan yang ada, terdapat langkah kecil yang kita lakukan. Baik itu untuk diri kita sendiri yang inisiatif berubah menjadi insan lebih baik di tahun akan datang, untuk keluarga, untuk orang sekitar kita, organisasi bahkan bangsa dan dunia.

yang menulis tidak lebih baik dari yang membaca


Keep Inspiring !

No comments:

Silahkan saran dan kritiknya ...

Powered by Blogger.