Jelajah Kampung Bandar Hingga Pentas Seni di Riau Festival 2019

by - April 12, 2019


Di tengah kondisi fisik yang baru pulih. Saya diajak teman - teman blogger pekanbaru buat nimbrung di event kerennya Pekanbaru. Duh jarang - jarang banget nih. Biarpun sudah belasan tahun tinggal di Pekanbaru. Saya merasa sangat awam dengan berbagai sejarah dan juga peninggalan di Pekanbaru.
Beberapa waktu lalu, euforia festival mural untuk membangun kampung bandar yang sempat terbakar malah membuat kampung bandar semakin bersinar.




Banyak mural dan juga coretan para seniman lokal yang bermakna dan kekinian di kampung bandar. Banyak yang tidak tahu, kalau kampung bandar adalah salah satu kelurahan yang ada di kecamatan senapelan. Kampung Bandar adalah cikal bakal berdirinya Pekanbaru pertama kali.

Kelurahan Kampung Bandar juga dikenal dengan sebutan Bandar Senapelan, bersempadan dengan Sungai Siak di sebelah utara, Kelurahan Kampung Dalam di sebelah timur, Kelurahan Padang Terubuk di sebelah selatan, dan sebelah barat bersempadan dengan Kelurahan Kampung Baru.



Dalam kegiatan Riau Festival 2019 juga menampilkan mading dan juga foto - foto berserta cuplikan sejarah untuk mengenal kembali kota pekanbaru dan juga hal yang berkaitan dengan sejarah budaya melayu. Momen ini menarik karena beberapa di sebar di lokasi kampung bandar yang mengalami kebakaran beberapa waktu lalu, semakin ciamik dengan adanya mural - mural dan juga pameran foto ini.

Teman - teman blogger sangat antusias menyusuri daerah kampung bandar. Kita juga bakal ketemu berbagai bangunan khas melayu yang langka sekali kalau kita lihat di daerah lain. Ada beberapa rumah dengan arsitektur khas melayu yang masih dipertahankan. Mari kita jaga sama - sama ya!


Kita juga berkunjung ke Rumah Tenun dan menyaksikan langsung pembuatan songket melayu langsung dari pengerajinnya. Menarik kan ya!


Di malam hari berlanjut ke festival pentas seni kreatif yang diisi oleh musisi - musisi lokal yang keren dan sangat bertalenta dengan berbagai atraksi melayu dan juga kekinian.




Jom lah! Pokoknya ini jadi momentum yang tak terlupakan banget nih! Dan bakal nagih buat jalan - jalan lagi ke kampung bandar dan juga menikmati daerah di sekitarnya! Kamu mau ke Pekanbaru ? Bingung jalan - jalan kemana ? Cus jangan lupa mampir ya ke kampung bandar!


You May Also Like

0 comments

What's your opinion about this article ?