Asal Pinter Mengelola, Kartu Kredit Itu Bikin Untung!

by - Selasa, Agustus 25, 2020


Banyak orang yang sudah skeptis dengan namanya kartu kredit. Padahal kalo kamu pinter bisa menguntungkan banget loh. Selain atm dan uang tunai, kartu kredit memang menjadi penghuni favorit dalam dompet yang tidak boleh terlewatkan. Meski kerap menuai kontra, penggunaan alat finansial yang satu ini memang memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya.


Tidak melulu buruk, asal digunakan dengan bijak kartu kredit bisa membawa segudang manfaat untuk kamu. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Yuk simak artikel kita kali ini.

Manfaat Kartu Kredit Untuk Kebutuhan Sehari-Hari


Nah, bagi kamu yang kini sedang menimbang mau memiliki credit card atau tidak, simak dulu kegunaannya untuk kebutuhan sehari-hari berikut ini!

1.    Mendapatkan kemudahan dan keamaan dalam belanja online
adakah orang yang kini tidak berbelanja online? Semua orang pasti melakukannya, terlebih era pandemi sekarang yang menuntut masyarakat agar tidak sering keluar rumah dan melakukan aktivitas via online, termasuk dalam hal berbelanja. Bahkan dibeberapa situs hanya menerima pembayaran dalam bentuk credit card saja.

Nah, kartu kredit sangat berfungsi untuk hal yang satu ini. selain memberikan kemudahan, ia juga membuat transaksi belanja online bisa lebih aman. jika kamu menemukan keganjalan pada saat berbelanja, kamu bisa langsung menghubungi bank penerbit kartu kredit.

Bank penerbit memiliki wewenang untuk membekukan dana yang terlanjur dibayarkan. Keistimewaan ini tidak akan didapatkan melalui sistem pembayaran lain.

2.    Bisa membatalkan transaksi dengan mudah
Dengan berbelanja dan bertransaksi melalui kartu kredit, kamu benar-benar diperlakukan bak seorang raja. Misalnya saja saat kamu menemukan kecurigaan pada pembeli atau saat barang ternyata tidak sesuai dengan gambar, maka kamu bisa langsung membatalkan transaksi yang telah dibayar.

Bagaimana cara membatalkannya? kamu bisa langsung menghubungi bank penerbit kartu kredit dan memaparkan kronologi kejadian. Jika alasan kamu masuk aka maka bank penerbit kartu kredit bisa menerima permohonan pembatalan transaksi.

3.    Bisa menjadi pinjaman yang terjangkau
Banyak orang yang berpikir bahwa kartu kredit merupakan alat pembayaran yang memudahkan pengguna membeli barang tanpa mempunyai uang tunai. Nyatanya, alat finansial yang satu ini memiliki manfaat yang lebih dari itu.

kamu bisa memanfaatkan kartu kredit sebagai moda pinjaman murah yang mungkin dibutuhkan dalam keadaan darurat. misalnya saja saat  ada anggota keluarga yang sakit dan belum memiliki BPJS atau asuransi kesehatan lain, maka kamu bisa membayar biaya rumah sakit menggunakan kartu kredit.

Istimewanya, kamu tidak akan dibebani bunga jika kamu membayar pinjaman tersebut tepat sebelum jatuh tempo. Cara ini dinilai lebih terjangkau dibandingkan dengan meminjam di bank atau melakukan pinjaman online.

4.    Praktis dan nyaman
Dengan memiliki kartu kredit, kamu tidak perlu lagi membawa uang tunai yang banyak atau bahkan mencari mesin atm untuk melakukan penarikan tunai. kamu cukup membawa kartu ke manapun kamu pergi dan rasakan kenyamanan dalam berbelanja.

Selain itu, risiko kehilangan uang tunai juga akan diminimalisir. Jika mungkin kartu kredit kamu dicuri, kamu bisa langsung  menghubungi bank penerbit dan membatalkan serta membekukan seluruh transaksi yang tidak diinginkan.

5.    Pengeluaran bisa terlacak dengan kartu kredit
Kartu kredit bisa menjadi salah satu alat yang baik untuk pengelolaan keuangan. Ia juga bisa menjadi notulen keuangan yang mencatat transaksi keluar masuknya uang.

Jadi dengan adanya kartu kredit, kamu tidak perlu lagi melakukan pencatatan keuangan dengan cara manual. Nah, jika kamu mengetahui pengeluaran uang bulanan, maka kamu bisa dengan mudah melakukan evaluasi bulanan.

6.    Memudahkan untuk mengatur anggaran keuangan
Bank penerbit kartu kredit nantinya akan memberikan penawaran fasilitas pembayaran untuk tagihan serta menawarkan fasilitas cicilan. Hal tersebut tentunya bisa membantu kamu untuk melakukan perencaan keuangan. Misalnya, seberapa banyak cicilan yang perlu dibayar setiap bulan hingga jumlah minimal dan maksimalnya.

7.    Menawarkan promo dan diskon dalam berbelanja

Jika kamu termasuk orang yang hobi berbelanja, maka memiliki kartu kredit merupakan kewajiban. Selain bisa menggunakan uang secara credit, kita juga akan dimanjakan dengan berbagai promo.

Ada beberapa jenis kartu kredit yang disediakan sesuai kebutuhan, nah kamu bisa memilih tipe shopping rewards untuk memaksimalkan diskon. bahkan kamu juga bisa mendapatkan cicilan 0% dengan beragam diskon yang ada.

8.    Travelling jadi lebih terjangkau
Selain jenis shopping rewards, ada juga kartu kredit travel rewards yang menawarkan berbagai macam promo menarik yang berkaitan dengan travelling seperti tiket kendaraan, hotel, hingga kebutuhan jalan-jalan. Kartu jenis ini tentu bisa memberikan pengalaman jalan-jalan yang menarik dan tak terlupakan.

9.    Bisa digunakan di seluruh dunia
Kartu kredit merupakan jenis alat finansial yang bisa menjadi mata uang internasional. Dengan demikian, kamu tidak perlu lagi repot untuk melakukan penukaran uang saat hendak bepergian ke luar negeri.  Hanya cukup berbekal kartu kredit, kamu bisa melakukan transaksi di seluruh dunia.

10.    Memudahkan untuk memenuhi kebutuhan hidup
Dengan menggunakan kartu kredit, kamu bisa mendapatkan manfaat berupa promo untuk makan di resto tertentu, ngopi, perawatan ke salon, bahkan mengisi BBM. Sangat mudah bukan?

Jika digunakan dengan bijak, kartu kredit akan menjadi teman finansial yang sangat menguntungkan. Nah yang perlu diingat, kamu juga perlu memilih kartu berdasarkan kebutuhan ya!

Jika masih bingung dengan beragam permasalahan kartu kredit, kamu bisa menggunakan layanan cekaja.com di link berikut, https://www.cekaja.com/kartu-kredit Cekaja.com merupakan platform digital finansial yang memberikan informasi terpercaya dan layanan mutahir untuk segala macam keperluan finansial kamu.

Jadi sudah tahu nih mengenai kartu kredit ? Diskusi disini boleh!



You May Also Like

7 comments

  1. bermanfaat banget kak tulisan tentang kartu kreditnya, ku jadi auto mo ngurus kartu kredit. Tapi aku cek dulu kali ya (cekaja.com) biar makin paham lagi, terima kasih kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya coba aja kak, banyak info perbandingan dan manfaat2 mana aja. Asal bisa pilih sesuai kemampuan

      Hapus
  2. Beratnya satu kak, ketika ada promo nih. Semisal tiket psawat atau akomodasi hotel. Beberapa kali coba nahan untuk tidak gunain, ternyata wkwkkw kepakainya

    BalasHapus
  3. dari dulu selau takut mau bikin kartu kredit, pun bingung mau dibayarak buat beli apa..wkwkwk tapi mungkin bikin lah suatu hari nanti

    BalasHapus
  4. Tulisan ini menyegarkan pikiran saya tentang Kartu Kredit yang selama ini agak membuat saya takut.

    BalasHapus
  5. Setuju banget nih, aku pemakai kartu kredit juga dan ngerasa byk manfaat diskon nya. Apalagi kalau pas traveling. Tp memang kita harus sepenuhnya sadar financial dulu, tau seberapa kapasitas keuangan supaya ga terlena bisa gesek sana sini 😁

    BalasHapus
  6. Nah kan, aku klo kartu kredit cuma buat beli aplikasi2 aja sih. Kaga buat lifestyle. Jadi memang bijak2 pengguna ya

    BalasHapus

What's your opinion about this article ?

//]]>