5 Tips #DirumahAja Jadi Lebih Menyenangkan

by - Jumat, Agustus 07, 2020

 

Haloo, sudah lama sekali ya diriku ga menulis di blog kesayangan ini. Terakhir kali itu ya karena ada event yang mengharuskan menulis. Saya ikut menyesal nih. Maafkan yaa! Jujur sejak beraktivitas sebagai tim content. Saya terkadang terlarut riset sana sini untuk improving akun konten kantor ketimbang diri sendiri. Duh mel si cari alasan, ya kadang ada beberapa hal di hidup kita yang harus di korbankan tentunya.

Tapi tenang, diriku tetap aktif melakukan postingan receh dan juga menyampaikan pemikiran di akun instagram diriku. Walau kadang kurang penting. Sesekali serius, tapi diriku ga tahu apa para warganet di sana ikut memahaminya. Wah jadi curhat ya! Hmm, banyak kejadian dari tahun lalu hingga tanpa sadar. Di tahun 2020 sudah berjalan 8 (delapan) bulan, dimana tinggal 4 (empat) bulan lagi menuju 2021. Cepatt sekali berlalu! Banyak merasa diantaranya belum melakukan apa - apa di tahun ini. Pandemi yang merebak ke seluruh dunia di akhir Januari, hingga saat ini membuat kita semua harus terjebak dengan kebiasaan baru yang tentunya bikin stress semua orang di dunia. Termasuk judul kali ini, #DirumahAja atau #StayAtHome. Semua orang harus mengatur ulang konsep bisnis, bersekolah, konsumsi, dan segala kegiatan sosial lain di muka bumi. Yaps! Di muka bumi. 
 
Apalagi manusia adalah makhluk sosial. Digital, jujur  saja menurut diriku benar- benar membantu kita di saat seperti ini. Tetap bekerja dalam mode #WorkFromHome dan jadi #RemoteWorker. Saya sedikit banyak sangat bersyukur, bekerja dalam perusahaan teknologi dan digitalisasi sehingga tak perlu kesulitan shifting dalam pola kerja demikian. Tapi bagaimana yang di tempat lain ya. Itu PR besar buat kita semua.

Hal yang benar - benar berpengaruh dalam hidup kita adalah shifting gaya hidup yang lebih higienis, sehat, dan juga tentunya mengurangi aktivitas sosial. Sebagai anak introvert sih, tentu hal yang menyenangkan barangkali. Tapi mungkin beberapa hal akan mempengaruhi, kayak event offline yang biasanya dihadiri para blogger, atau juga mencari inspirasi keluar rumah. Pasti ada sesuatu yang berbeda, dengan kita in touch langsung dengan beberapa hal.
 
Walaupun sebagai seorang introvert saya tetap suka jalan - jalan! Bahkan beberapa target negara hasil nabung - nabung mau dijalakan. Saya cukup bersyukur, sempat traveling dalam kegiatan gathering kantor di Malaysia dan Singapore awal tahun, sebelum pandemi akhirnya tersiarkan di seluruh dunia di bulan Januari 2020. Tapi nih, saya tetap harus merelakan cita -cita saya liburan ke Korea Selatan bulan September - Oktober dengan melakukan refund hasil berburu promo tiket murah tahun 2019 lalu. Saya yakin semuanya ada hikmahnya. Walau tetep sedih huhuhu

Nah, daripada berlama - lama cuap cuap curhat, saya bakal sharing 5 Tips yang mungkin bisa jadi inspirasi kamu biar lebih menyenangkan #DirumahAja :
 

1. Bikin #BucketList Misi Harian


Di awal kepikiran bikin list kayak website dan blog - blog lain. Misalnya nih, memulai hobi menanam dan tanaman, ikut kelas online, atau masak menu baru dan crafting lalu banyaak lagi. Ada juga yang nge-gambar atau menulis. Saya sendiri menikmati mode #DirumahAja dalam #WorkFromHome. Walaupun sudah #NewNormal. Tapi mungkin kenikmatan ini harus saya bagikan dengan melakukan misi #BucketList setiap hari untuk membuat keseharian kamu lebih menyenangkan. 

Se-sederhana maskeran, nonton film netflix yang random, atau baca buku baru. Saya bikin bucketlist yang menyenangkan setiap hari nya 3-5 hal.  Teman - teman bisa membuat listing aktivitas apa yang ingin dilakukan dalam sepekan, sebulan atau harian. Misalnya ingin ikut bercocok tanam kayak teman - teman lain yang lagi trend bisa juga bikin dalgona coffee versi baru. Balik ke kamu mau bikin apa deh. Saya juga mengusahakan mengikuti kelas online dan sharing dalam satu bulan atau per minggu. Hmm saya rasa itu menyenangkan.

2. Lakukan Sesuatu Yang Ga Pernah Kamu Lakuin


Nah ini seru banget! Kamu mungkin punya cita - cita ga tercapai melakukan sesuatu. Bisa jadi yang sebelumnya ga pernah baca buku yang berisi 1000 halaman. Pilihan lain main game yang ga pernah kamu mainkan, atau film - film yang masih terlalu takut untuk kamu tonton. Ada beberapa hal pasti dalam hidup kamu yang ga pernah kamu lakukan bukan ? Saya sendiri ga pernah masak masakan menu tertentu, saya mencoba menu - menu yang mungkin susah dan ga pernah saya cicipin. Ketika mencobanya itu menjadi sesuatu hal yang bikin happy loh. Coba deh!

3. Digital Detox, Why Not ?


Hmm paparan digital kadang bikin stres, mageran, males ngapa - ngapain, atau juga kamu jadi lupa waktu. That's me! ya saya juga beberapa kali mengalaminya apalagi ketika akhir pekan alias weekend. Alhasil, badan jadi ga sehat mungkin pegel - pegel, bisa juga lupa makan atau lupa mandi. Ga enak banget pokoknya. Coba lihat berapa jam yang kamu habiskan untuk terjun dalam dunia gadget kamu. Diriku rasa, smartphone jaman sekarang sudah canggih - canggih nih untuk bisa ngasih tahu sudah berapa lama kamu melakukan aktivitas online terutama di media sosial. Coba luangkan waktu untuk ga kesentuh sama itu. Saya sendiri lagi candu - candunya baca nih, bahkan 2-3 buku habis dalam sehari. Saya akhirnya subscribe beberapa aplikasi baca premium untuk memenuhi kehausan saya baca secara offline tentunya. Kalau kamu kepikiran buat digital detox ? Ini patut dicoba!

 4. Belajar Meditasi & Rileksasi

Awalnya saya merasa, apa perlu ya melakukan meditasi. Banyak yang bilang kan beribadah atau sholat lima waktu (bagi yang muslim) adalah salah satu sarana meditasi juga. Tapi ternyata ga begitu cukup juga. Kadang kita kurang khusyuk juga jadi aktivitas kita untuk meditasi dalam beribadah ga maksimal dan akhirnya tidak mendapatkan peningkatan emosional yang stabil. 
 
Saya sendiri ngalamin sakit kepala beberapa minggu lalu dan kesulitan tidur. Saya mencoba mengikuti banyak tutorial meditasi dan melakukannya dengan rutin beberapa hari dengan pengingat saya atur. Alhasil, saya lebih mudah tertidur dan saya merasa bersemangat melakukan aktivitas keesokan harinya jauh dari perasaan negatif dan lebih happy. Bagi kamu yang ngerasa mungkin perasaan emosional kamu lagi ga baik, suka overthinking saran ini benar - benar harus dicoba!

5. Keep Positive, Semuanya Akan Baik  - Baik Aja

Ketika viral mengenai toxic positivity dengan banyak pro kontranya. Kita harus tetap berpikir sesuatu baik - baik aja untuk membuat kita tetap bisa menjalani hidup. Apalagi kalau bukan bertahan dengan kehidupan yang mungkin lebih sulit dan tak terduga ini. Keberadaan COVID-19 benar-benar kejutan ga ada satupun yang tahu untuk mengatasinya, resesi ekonomi pun terjadi di negara maju sekalipun , carut marut negara dan pemerintah, masalah politik, bencana , phk dimana - mana. 
 
Diriku yakin siapa yang ga resah dengan semua ini, semua dari kita resah memikirkannya. Tapi ga ada lagi yang membuat kita bertahan selain selalu berpikir positif untuk menemukan solusi keluar dari game yang sulit ini. Seperti kata Al-Quran ( bagi yang muslim) 

“Dan kehidupan dunia ini, hanyalah permainan dan senda gurau, sedangkan negeri akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertaqwa. Maka tidakkah kalian memahaminya?.” (QS. Al-An’am:32).

Sebelum saya mengakhiri tulisan ini, saya juga kedepan akan berusaha lebih banyak menulis dan lebih rajin memanfaatkan #DirumahAja. Ingatin diriku ya sama komitmen ini hehehe. Ada beberapa rubrik baru yang saya tambahin di blog ini, teman - teman bisa liat di pihak menu di header ya!

Oya, saya juga mau kasih beberapa buku rekomendasi yang mungkin jadi modal inspirasi teman - teman mengisi #BucketList misi hariannya biar #DirumahAja jadi seru dan menyenangkan. Beberapa bukunya cukup langka sih di toko buku karena pada sold out dan semenarik itu. Bahkan beberapa diantaranya ga bisa saya temukan di kota saya. Tapi kalau teman - teman mau beli online ada di Mizan Store dan ada di Amazon Kindle yang berjudul Happiness Hacks. Selamat membaca!

Semoga harimu menyenangkan!

You May Also Like

0 komentar

What's your opinion about this article ?

//]]> google-site-verification: google6d808cffcf788998.html