6+ Tips, Fakta, dan Cara Jaga Kesehatan dan Kebersihan Saat Menstruasi

by - Jumat, Juni 04, 2021


Menstruasi adalah sebuah kodrat yang dialami setiap perempuan. Menstruasi, bisa juga kita sering sebut haid atau datang bulan adalah sebuah siklus hormonal yang dialami oleh kita sebagai perempuan. Nah, sekedar mengingatkan kembali. Proses menstruasi adalah luruhnya dinding rahim yang dipersiapkan untuk kehamilan. Jika tidak ada pembuahan ya perempuan akan mengalaminya setiap bulan.

Tiap bulan itu setiap dari kita yang perempuan, memiliki siklus menstruasi yang berbeda - beda. Umumunya terjadi selama 28 hari. Siklus ini dihitung dari hari pertama periode menstruasi hingga periode hari pertama menstruasi selanjutnya. Kadang ini yang bikin kita suka khilaf ni, tidak mencatat dan memantau periode menstruasi. Padahal ini penting banget dan berkaitan sama kondisi kesehatan alat reproduksi perempuan yang akan berdampak di kemudian hari.
 

Menstrual Hygiene Day 


Tepat pada tanggal 28 Mei kemarin kita perempuan di dunia memperingati Menstrual Hygiene Day atau Hari kebersihan Menstruasi. Peringatan ini diinisasi pada tahun 2013 dari sebuah organisasi asal jerman bernama Wash United. Namun, perayaan ini baru dilaksanakan pada tahun setelahnya yaitu 28 Mei 2014 hingga saat ini.

Kenapa sih diperingati tanggal 28? uniknya ini merupakan ide bahwa rata - rata periode mensturasi perempuan di dunia itu memiliki siklus setiap 28 hari sekali. Ini dikutip dari sebuah laman CNN melalu MH Day. Ini sebuah gerakan untuk mengajak semua sektor menyerukan Menstrual Hygiene Management. Bisa kita sebut, manajemen kebersihan menstruasi.

 Permasalahannya adalah banyak dari kita para perempuan yang belum memahami pentingnya menjaga kebersihan disaat menstruasi. UNICEF mencatat bahwa 1 dari 4 anak Indonesia tidak pernah mendapatkan informasi tentang menstruasi sebelum mereka mendapatkan menstruasi pertama. Edukasi kepada anak perempuan saja masih jarang, apalagi kepada anak laki-laki.

Pada kesempatan ini, saya mengikuti sebuah event menarik dalam rangka Menstrual Hygiene Day dan mengundang para pakar dibidangnya membahas soal menstruasi dan kebersihannya. Apa sih fakta dan juga tips yang bisa kita lakukan untuk menjaga kebersihan saat menstruasi?

Banyak saat ini permasalahn yang sering terjadi namun sering disepelekan. Seperti kita bingung penyebab terlambat menstruasi atau haid, mengalami keputihan, atau juga pemasalahan siklus menstruasi yang tidak teratur dan juga permasalahan kesuburan wanita dan menstruasi kurang lancar. Beberapa diantaranya juga disebabkan oleh kurang steril dan juga tidak menjaga kebersihan di saat menstruasi.

Jaga Kesehatan dan Kebersihan Saat Menstruasi


Apa sih manfaat kita mengetahui ilmu mengenai kebersihan menstruasi? Hal penting diataranya adalah kita mengetahui berbagai kondisi kesehatan yang dapat timbul akibat manajemen kebersihan menstruasi yang buruk. Kita juga tahu cara mencegah kanker serviks, infeksi vagina, dan juga ketidaknyaman seperti (Gatal, bau tidak sedap, iritasi vagina, dan juga keputihan) yang terjadi bila kita tidak menjaga kebersihan saat menstruasi.
 


Manajemen Kebersihan Menstruasi
 
Jadi apa itu MKM? MKM adalah singkatan dari Manajemen Kebersihan Menstruasi. MKM adalah sebuah cara dan mengelola kebersihan kesehatan pada perempuan yang sedang mengalami menstruasi. Jadi bagaimana cara menjaga kebersihan masa menstruasi ?

  1. Mencuci bersih pembalut yang sudah di pakai dan masukan ke dalam kantong plastik
  2. Buanglah pembalut yang sudah digunakan ke tempat sampah
  3. Apabila menggunakan pembalut cuci ulang, cuci bersih pembalut tersebut setelah digunakan
  4. Pembalut sebaiknya diganti setiap 4-5 jam sekali
  5. Mandi 2 kali sehari untuk menjaga kebersihan dan kesegaran tubuh
  6. Selalu cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah mengganti pembalut

FAKTA & MITOS MENSTRUASI

Banyak sekali fakta dan mitos yang tersebar mengenai menstruasi. Apalagi masyarakat indonesia yang sering sekali termakan hoax. Menurut data, 1 dari 2 anak perempuan tidak tahu apa yang harus dilakukan saat mengalami menstruasi di Indonesia. Selain itu, 1 dari 3 anak perempuan yang mencuci tangan sebelum dan sesudah menganti pembalut berarti lainnya belum sadar pentingnya kebersihan. Fakta lainnya, 1 dari 3 anak perempuan mengganti pembalut setiap 4-12 jam sisanya mengganti pembalut 2x sehari saja.

Selain itu, banyak data mengenai sosialisasi dan ketabuan masyarakat kita membicarakan menstruasi kepada anak gadisnya. Ini disampaikan oleh  Ibu Anna Surti Ariani, S.Psi M.Psi selaku psikolog yang melihat fakta dan fenomena itu. Beberapa diantaranya berdasarkan data dari berbagai negara pengetahuan reproduksi yang disampaikan di sekolah bagus, namun soal komunikasi reproduksi sangat buruk (Riset di Nigeria). Selain itu kesalahpahaman remaja tentang menstruasi justru mengurangi kualitas hidup antara lain kesehatan dan kemandiriannya (Riset Ethiopia), 1 dari 4 anak tidak pernah mendapatkan dan menerima informasi tentang menstruasi sebelum remaja (UNICEF, Indonesia)

Mengapa sulit berkomunikasi soal menstruasi ?

1.Tabu
2.Bingung Memulai
3.Kurang Pengetahuan
4.Remaja Ragu

Lalu, 90% anak perempuan percaya kepada orangtua dan guru sebagai sumber informasi terbaik. Tapi banyak di lapangan yang tahu dari teman ketimbang sumber utama yang baik ini.



Dalam event ini, juga banyak penyampaian untuk senantiasa menjaga kebersihan bagian kewanitaan,. Ini disampaikan oleh Country Manager Mundipharma Indonesia, Mada Shinta Dewi bahwa “Mundipharma Indonesia terus berkomitmen memperbaiki kualitas hidup masyarakat Indonesia, dalam hal ini perempuan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya. Sejak tahun 2017 Mundipharma Indonesia telah berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan RI dan POGI dalam menyelenggarakan program edukasi mengenai kebersihan menstruasi, serta membagikan Buku Saku ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ kepada lebih dari 1,000,000 perempuan Indonesia. Melalui kegiatan edukasi ini, kami berharap perempuan Indonesia semakin mengerti cara menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya sedini mungkin, serta dapat terus beraktivitas dengan nyaman tanpa terhalang menstruasi.”

Mundipharma Indonesia melalui BETADINE® Feminine Care melakukan kampanye edukatif #YangIdeal untuk mengajak perempuan Indonesia mengetahui dan mengerti cara yang ideal dan tepat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan, salah satunya dengan menggunakan pembersih khusus area kewanitaan yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan sehari–hari, saat menstruasi, dan saat terjadi infeksi di organ kewanitaan Dalam hal ini BETADINE® Feminine Care menyediakan rangkaian produk area kewanitaan yang lengkap dan berkualitas tinggi, mulai dari pembersih kewanitaan sehari–hari dengan prebiotik; pembersih kewanitaan dengan kandungan daun sirih dan prebiotik; pembersih antiseptik kewanitaan khusus untuk mengatasi infeksi area kewanitaan dan antiseptik kewanitaan yang dilengkapi dengan aplikator; hingga tisu basah pembersih kewanitaan dengan prebiotik yang 100% biodegradable atau flushable. 

Teman - teman juga saat ini mudah mendapatkan berbagai produk kesehatan kewanitaan untuk terhindari dari berbagai masalah kewanitaan. Kamu juga bisa mendapatkannya di marketplace untuk rangkaian Betadine Feminine Care di Shopee atau Tokopedia.

You May Also Like

26 comments

  1. Keren. Pasti moms bangga banget ya bisa dapat penyuluhan dari betadine langsung ke ahlinya. Mantap.

    BalasHapus
  2. Dulu sering banget dengar mitos tentang menstruasi..alhamdulillah ya bisa ikutan webinar, jadi paham gimana manajamen kebersihan saat menstruasi

    BalasHapus
  3. Pertama kali mengalami menstruasi, kerasa bingung banget cara ngatasinnya. Terus ibu bilang pakai kain dulu karena zaman itu gak familiar sama pembalut. Tapi setelah lama jadi belajar juga kalau kebersihan kala mens itu penting banget biar bagian vital juga gak iritasi.

    BalasHapus
  4. Barutau selain manajemen pemasaran, manajemen sdm dan manajemen keuangan ada juga manajemen yang unik ini, khusus wanita pula. Pengetahuan baru bagi saya.

    BalasHapus
  5. Emamg pemting bngt ya manajemen kebersihan saat mentruasi untuk menjaga area kewanitaan kita bersih dan sehat bebas iritasi apalagi saat mentruasi

    BalasHapus
  6. Menjaga kebersihan saat menstruasi itu penting banget selain untuk kenyamanan juga untuk kesehatan ya..Banyak juga mitos seputar menstruasi yang ternyata emang gak bener ya

    BalasHapus
  7. Menstruasi dan kesehatannya ini perlu banget diketahui oleh banyak pihak karena efeknya untuk jangka panjang dan kaitannya dengan berbagai hal.
    Edukasi yang bagus dan sangat bermanfaat sekali untuk perempuan.

    BalasHapus
  8. Thank you sharingnya ya mam. Memang penting menjaga kebersihan saat menstruasi. Tentu pakai Betadine Feminine Wash yang udah terpercaya

    BalasHapus
  9. Edukasi MKM memang penting banget terutama buat yang punya anak di masa pubertas kaya aku, bersyukur ada webinar semacam ini jadi dapat pencerahan banget

    BalasHapus
  10. Ilmu yang sangat bermanfaat untuk semakin menjaga kebersihan saat menstruasi

    BalasHapus
  11. Membicarakan Menstruasi memang seperti risih ya, makanya bingung untuk mulai. Namun webinar ini, mencerahkan bahwa edukasi itu perlu

    BalasHapus
  12. Iya Kak, kalau pas lagi haid emang kudu lebih jaga higienitas, terutama sering ganti pembalut. Biar gak iritasi dan muncul masalah kulit lainnya.

    BalasHapus
  13. Kalau sudah menstruasi emang wajib banget jaga kebersihannya. Ibuku dl selalu nasihatin agar mencuci pembalutnya lalu dibungkus plastik dan dikumpulin baru deh dibuang. Banyak sih yg menganggap tabu masalah mens ini, smg org banyak yg sadar akan pentingnya sosialisasi menstruasi ya mba

    BalasHapus
  14. pengetahuan tentang menstruasi jarang sekali di bahas secara umum dan jelas. padahal banyak anak yg saat menarke kebingungan dan panik menghadapinya. Beruntung ada webinar seperti ini. membuka wawasan kita semua para perempuan

    BalasHapus
  15. Menjaga kebersihan saat menstruasi ini sangat penting untuk kesehatan. Rentan menimbulkan berbagai penyakit jika penanganan kesehariannya serampangan. Sangat penting edukasi ini untuk para remaja khususnya. Agar siap menghadapi menstruasi pertama dan membentuk kebiasaan menjaga kebersihan saat menstruasi.

    BalasHapus
  16. Senangnya ada kampanye edukatif #YangIdeal yang mengajak perempuan Indonesia mengetahui dan mengerti cara yang ideal dan tepat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan. Membuat mereka makin peduli pada diri dan tidak abai lagi

    BalasHapus
  17. Saya bersyukur istri saya memiliki literasi yang cukup mengenai menstruasi karena dia bekerja di bidang kesehatan, dan bisa memberikan info yang memadai untuk anak2 saya yang kebetulan perempuan semua

    BalasHapus
  18. Terima kasih atas shraing nya, Kak. Bagus juga ada jenama yang memberikan edukasi kepada khalayak perihal menstruasi.

    BalasHapus
  19. Ini sesuai anjuran ibuku nih dan sampai saat ini jadi kebiasaanku. Kalau habis pake pembalut, pembalutnya dicuci dulu sebelum dibuang. Saya baru tahu lho mba ada Menstrual Hygiene Day ini, tiap tanggal 28 mei dan ada sejarahnya ternyata ya, disangkutin dengan rata2 period menstruasi wanita di dunia, unik :)

    BalasHapus
  20. Mitos saat menstruasi ini sering dimakan mentah2 ya ama perempuan kadang karena didikan zaman dulu atau kurang informasi. Setuju perlu banyak ilmu dan ikut webinar bersama Betadine.

    BalasHapus
  21. Ternyata harus dicuci dulu ya pembalut sebelum dibuang, Mbak? Baru tahu nih, layak disebarkan. Memang masih ada yg menganggap bahwa soal menstruasi itu tabu dibicarakan dengan anak, akhirnya anak putri jd ragu pas dapat haid pertama. Mestinya anak cowok pun diedukasi biar bs menghormati. Kebersihan organ kewanitaan mesti dijaga biar sehat salah satunya dengan produk dalam Betadine feminine care.

    BalasHapus
  22. Cewek-cewek wajib ikutan nihhh!!!
    Cowok nyimak aje dari pojokan hihihi

    BalasHapus
  23. bagus nih infonya, meski saya cowok jadi tahu banyak fakta tentang menstruasi.

    BalasHapus
  24. Terimakasih untuk ulasan dan infonya. Jadi makin banyak tahu seputar emnstruasi

    BalasHapus
  25. Anak lelaki pun perlu tau soal menstruasi ini agar bisa memperlakukan secara wajar teman2 di kelasnya yg sdh pada menstruasi. Tanpa mengejek, tanpa ngebully. Apalagi yg mens di bangku SD

    BalasHapus
  26. Jadi tau mengenai kebersihan pas menstruasi deh kak makasih infonya

    BalasHapus

What's your opinion about this article ?

//]]>