Desa Nusantara, Para Pejuang dari Desa untuk Menjaga Bumi

by - April 26, 2023

 


 

 

 

 

Eco Blogger Squad kembali hadir diawal tahun ini dengan materi seru dan juga bermanfaat terkait dengan menjaga lingkungan. Gathering online kali ini kita bekerjasama dengan WALHI Nasional dan WALHI Sumatera Selatan membahas sebuah isu penting yang di tahun sebelumnya sempat dibahas yaitu mengenai pembedayaan masyarakat adat. Kali ini terkait Masyarakat Adat dan Komunitas LOKAL.

Hal ini terkait Dana Nusantara. Apa itu Dana Nusantara? Dana Nusantara adalah sebuah istilah yang baru dirilis dan diresmikan pada Kongres Masyarakat Adat Nusantara yang berlangsung pada tanggal 24 - 30 Oktober di wilayaH Adat Tabi di Papua. Dana Nusantara ini dikelola oleh Walhi, Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) dan Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA)

Cari Tahu Mengenai Dana Nusantara


Dana Nusantara memang merupakan stimulus bagi masyarakat adat dan komunitas lokal (MAKL) agar dapat berdaya dalam merawat lahan dan memulihkan kondisi lahan kedepannya. Pendanaan ini berkat kolaborasi dari Walhi, AMAN,dan KPA. Dana Nusantara ini juga berperan dalam melakukan promosi dan juga perlindungan wilayah kelola dalam mengelola sumberdaya alam dan pemulihan ekosistem dalam upaya kolektif dalam mengurangi dampak krisis iklim dan bencana ekologis

Singkatnya masyarakat adat memegang teguh nilai-nilai adat tentu, mereka memiliki kesamaan suku, nilai dan norma sosial. Sementara komunitas lokal hanya mencakup mereka yang bermukim atau mencari nafkah di wilayah tertentu dan bisa terdiri dari berbagai suku, adat, ras dan agama. Sama hal seperti Desa Nusantara.

Program ini bertujuan untuk mendukung inisiatif komunitas dalam melakukan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan dengan memberikan akses bantuan pendanaan yang terjangkau dan mudah diakses.

Dana Nusantara difokuskan pada komunitas yang memiliki akses terbatas terhadap sumber daya dan pendanaan, serta memiliki potensi untuk melakukan pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan. Selain itu, bantuan pendanaan juga akan diberikan kepada komunitas yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan insiatif pengelolaan sumber daya alam secara mandiri dan berkelanjutan.

Kerusakaan Lingkungan Makin Mengancam


Sebuah lembaga penanggulangan bencaran telah merilis 1.945kali bencara di Indonesia sepanjang di tahun 2022 yang mendominasi berdasarkan masalah lingkungan, seperti banjir, tanah longsor, cuaca ekstrem dan lainnya.

Bencana bencana tersebut pasti mengakibatkan ratusan jiwa meninggal dan masih banyak korban lainnya. Kerusakaan lainnya adalah membuat menurutnya kuantitas dan kualitas Hutan Indonesia, kerusakaan aliran sungai (DAS), pencemaran tanah, udara dan air yang meningkat.

Dana Nusantara Untuk Nusantara


Harapannya dengan Hadirnya Desa Nusantara yang berawal dari transmigran dan kemudian diberdayakan dapat mengembalikan alih fungsi lahan yang dulunya adalah area industri menjadi lebih baik lagi dengan menjaga ekosistem seperti sebelumnya untuk menjalankan fungsi hutan sebagaimana mestinya seperti menyerap air dan juga menjaga lingkungan.

 

You May Also Like

0 comments

What's your opinion about this article ?