Selamatkan Bumi dengan Menjaga Aktivitas Digital

by - Juni 01, 2023

 


Kondisi bumi yang makin parah, juga dipercepat dengan adanya percepatan digitalisasi di segala aspek. Kemudahan berbelanja sehingga sampah online dari ecommerce membludak, belum lagi listrik dan penggunaaan teknologi yang bikin semua orang sangat ketergantungan dan makin terikat dengan kebutuhan digital yang juga berkontribusi pada penggunaaan daya listrik semakin banyak.

Padahal, listrik kita masih didominasi oleh penggunaan sumber daya fosil yang juga pembakarannya mengakibatkan emisi karbon.

Salah satu aktivitas digital sederhana yang bisa kita lakukan dengan langkah kecil yaitu rajin menghapus email spam dan email yang sudah kita baca.

Selamatkan Bumi dengan Rutin Menghapus E-mail

Tahukah Anda bahwa email spam, email yang belum dibaca, dan email yang menumpuk berkontribusi pada emisi karbon?

E-mail menjadi salah satu alat komunikasi digital yang sering digunakan. Sehingga, aktivitas berkirim e-mail secara tidak langsung ikut menyumbang sampah digital.

Sebab, untuk menyimpan jutaan e-mail yang dikirimkan dan diterima, dibutuhkan server yang cukup besar untuk menampung miliaran e-mail.
ad

Server-server itu berada di data center besar yang menghabiskan banyak listrik setiap hari. Dan listrik masih dihasilkan oleh bahan bakar fosil, yang menghasilkan emisi karbon global.

Rata-rata orang Amerika memiliki sekitar 500 email yang belum dibaca. Jika menghapus 500 email yang belum dibaca, dengan asumsi itu bukan email penting, maka akan menghapus 175 gram karbon dioksida jika setiap email menyumbang 0,3 gram CO2 (karbon dioksida), demikian dikutip dari The Good Planet, Jumat (22/4/2022)

Menghapus email memang tampaknya sepele. Namun ternyata berkontribusi besar untuk menjaga Bumi. Pada 2019, sebanyak 293,6 miliar email dikirim setiap harinya di seluruh dunia.

Dari jumlah tersebut, 107 miliar email adalah spam. Jika semua orang di seluruh dunia menghapus 10 email (spam atau bukan) maka akan menghemat 1.725,00 GB penyimpanan server dan 55,2 juta kWh listrik.

Menghemat 55,2 juta kWh listrik artinya mengurangi 39.035 metrik ton karbon dioksida. Itu sama saja dengan mengurang penggunaan 19.356 ton batubara yang dibakar setiap hari.

List Aktivitas Digital Buat Selamatkan Lingkungan


Jika kamu ingin berkontribusi aktivitas kecil yang dapat mengurangi emisi karbon kamu bisa mengunjungi teamforimpact.org.



Di sana ada berbagai challenge menarik yang bisa kamu lakukan yang nantinya akan dapat kamu kumpulkan pointnya untuk bisa mewujudkan tanaman pohon yang ditanam dengan nama kamu loh.

Seperti challenge berikut ini :



Beberapa aktivitas digital yang bisa kita lakukan :

1. Membuat Bookmark
2. Mengurangi Penggunaan Media Sosial
3. Lakukan Unduh Bukan Streaming
4. Gunakan Search Engine Kalau Perlu Saja
5. Hapus Sampah Digital




You May Also Like

0 comments

What's your opinion about this article ?