5 Profesi Freelance Lagi Naik Daun

by - Januari 28, 2021



Siapa sih yang masih nyari percuanan walaupun sudah bekerja ? Saya adalah orang yang pasti angkat tangan paling pertama soal ini. Kebiasaan nyari “pemasukan” Ketika kuliah dulu. Bikin saya pribadi jadi ketagihan bekerja part time dan freelance. Jujur aja kenal istilah freelance juga bahkan setelah sekian lama menjalaninya.
 
Pertama kali saya freelance itu, ketika saat tahun pertama berkuliah dulu. Waktu itu setelah UN SMA untuk kelulusan masuk universitas saya mengalami kelowongan waktu yang luarbiasa. Sehingga manfaatin waktu ikut komunitas dan pelatihan yang mengantarkan saya jadi jurnalis di usia 18 tahun di salah satu koran cukup besar di Pekanbaru. Waktu itu mendapatkan kesempatan mengisi rubrik ForUs lingkungan yang sifatnya mingguan. Di sana saya mengenal, proses jurnalistik dan berita seperti apa. Seperti melakukan interview, foto peristiwa, dan juga menyusun berita yang baik seperti apa.
 
Bahkan saya pribadi masih merasa tulisan saya belum begitu baik dan benar. Saya berjanji dalam hati untuk selalu memperbaharui diri untuk menulis yang lebih baik dan membawa manfaat.

Eits, sebelum cerita panjang dan flashback. Saya belakangan diganggu oleh berbagai pekerjaan freelance menarik yang demandnya. Belum lagi banyak banget dan mudah banget di dapet dimana - mana. Ini bisa jadi referensi kamu untuk menambah pundi – pundi percuanan bagi yang sudah bekerja ,dan juga pekerjaan sambilan yang lagi berjuang mencari pekerjaan tetap. Selain nambahin portfolio dan masih banyak manfaat lain kan ya ?

Apa aja Profesi Freelance yang  Lagi Naik Daun nih ?


1.    Freelance Copywriter dan UX Writer

Sebagai seorang full timer Copywriter, job ini silih berganti penuh dengan banyak penawaran. Kebutuhan akan iklan yang semakin banyak dari perusahaan dan sudah menjadi hal wajib di dunia digital. Copywriter lepasan menjadi solusi paling sering diambil untuk berbagai perusahaan untuk mendapatkan ide bagus, jasa bagus, dan harga murah untuk berbagai kebutuhan iklan bisnisnya. Baik itu, untuk “copy” atau tulisan di Facebook Ads, campaign terbaru di billboard, dan juga bahkan merambah ke dunia website yang istilahnya ialah UX Writer.

Pandemi membuat gebrakan digitalisasi semakin massif. Banyak toko offline terpaksa menjadi full digital dan online agar dapat bertahan di situasi pandemi. Tentu ini potensi yang seharusnya kita manfaatkan. Terutama kamu yang punya hobi nulis. Mulai mempelajari dan membuat portofolio yang tepat untuk menambah cuan – cuan dari profesi ini. Banyak loh, yang akhirnya menjadi full timer copywriter dengan pelan – pelan diawali sebagai freelance. Banyaknya klien yang dihadapi dan berbagai pengalaman lain membuat daya tarik kuat untuk pengguna jasa yang membutuhkannya,

Bahkan statistik di salah satu website Amerika mengatakan, hampir 90% warga Amerika sudah memikirkan untuk membuka jasa freelance untuk menambah pemasukan.

2.    Freelance Writer
 
Jadi, apa bedanya sama copywriter ? Kalo freelance writer berbeda dong sama copywriter. Kedepan saya akan ulas  mengenai  perbedaannya. Freelance Writer tidak kalah menariknya akhir – akhir ini. Kebutuhan akan konten yang kian banyak dan perubahan algoritma Google yang senantiasa diubah menantang banyak orang untuk membuat berbagai artikel bermanfaat dan juga tepat sasaran sesuai market yang dituju. Artikel SEO (Search Engine Optimization) biasanya dijajakan dibanyak tempat sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan agar perusahaan “ditemukan” di kata kunci apapun di browser.

Gak tanggung-tanggung nih, untuk satu artikel SEO berkualitas dengan backlink dll, nilainya bisa ratusan ribu loh. Belum lagi kehadiran para blogger dan influencer yang makin gencar, dan pertumbuhan digital makin merata di Indonesia membuat freelancer writer sangat menggiurkan untuk menjadi pendapatan tambahan bahkan jika rajin bakal melangkahi pendapatan utama kita loh. Teman saya saja ada beberapa sudah meraih pendapatan jutaan loh dengan profesi ini.

3.    Freelance Voice Over

Ini menarik banget. Voice over akhir – akhir ini naik daun dengan adanya aplikasi tiktok. Para talent – talent voice over akhirnya keluar kandang dan memperlihatkan keahliannya diberbagai media sosial. Banyak juga pelatihan – pelatihan yang muncul untuk eksplorasi mengenai profesi ini. Kebutuhan akan iklan berbasis video ini memang sangat dibutuhkan, belum lagi masyarakat kita sangat senang dengan berbagai ilustrasi bersuara untuk materi iklan. Di saat iklan telah menjadi kebutuhan agar pengguna kita selalu mengingat brand kita. Sudah banyak brand yang tidak melakukan eksplorasi konten digital, kita bisa lihat netizen kita bisa dengan mudah meninggalkan. Kayak si "dia" ya.

Teman saya, sebut saja Saras. Bercerita banyak mendapatkan penawaran melalui media soc]sial sejak dia membuat berbagai portfolio voice over iklan dikala dia kuliah di kampus dan mengambil parttime sebagai host radio. Berbagai adlips dan juga materi iklan ia publish yang tak menyangka membuat dia dicari dan banyak mendapatkan penawaran mengisi berbagai materi iklan. Hmm kamu ga tertarik nih ?

4.    Freelance Programmer

Lag- lagi, pandemi benar – benar memaksa kondisi pebisnis untuk benar – benar gas poll untuk membangun system digital yang mumpuni untuk bisnisnya. Tak jarang kebutuhan akan programmer meningkat “ namun “ ini beriringan dengan kebutuhan akan kualitas programmer juga. Banyak juga teman – teman disekeliling saya yang mengeluh soal kesulitan mendapatkan klien dengan berbagai masalah. 

Menurut saya, kuncinya ada dicara kita melakukan komunikasi dan juga memahami kebutuhan klien dengan tepat dan cermat. Saya pribadi kadang kala juga menerima berbagai tawaran mengerjakan website dengan basic kemampuang coding saya, html, css dan javascript begitu juga wordpress. Memang update belajar soal Bahasa pemograman itu penting, tapi yang paling penting menurut saya memahami kebutuhan klien untuk mengembangkan bisnisnya. Belajar coding dari sekarang ? Patut dicoba nih! Kedepan diperkirakan berbagai pekerjaan, akan membutuhkan basic coding loh.

5.    Freelance Graphic Designer

Biarpun ada canva dan aplikasi desain instan lain. Kebutuhan akan grafis desainer tidak akan padam teman – teman. Originalitas terutama dari perusahaan besar, tidak bisa digambarkan hanya dalam bentuk instan. Terkecuali kamu bisa saja memiliki sense of art yang sangat tinggi untuk membuat hanya berdasarkan aplikasi desain instan.

Bagi saya kebutuhan dan inovasi grafis desainer masih sangat dibutuhkan. Penawaran akan grafis desainer akan selalu tinggi dengan hadirnya berbagai platform visual yang makin hari makin bertambah.

Selain itu profesi grafis desainer bahkan sudah berkembang menjadi berbagai spesalisasi lain seperti, UX Designer, Motion Graphic, dan masih banyak lagi.

6.    Freelance Fotografer


Siapa Sekarang yang tiap wisuda pasti liat foto – foto graduation rame banget di media social ? Ayo angkat tangan. Dulu berfoto cantik dengan professional sempat hilang dengan keberadaan smartphone dan kamera canggih instan seperti mirrorless dan lain – lain. Namun, keberadaaan media social pula membangun pola baru akan kebutuhan berfoto yang profer dan professional. Seperti foto wedding, pra wedding, belum lagi maternity photoshoot, dan masih banyak pagelaran lain yang dirayakan dengan fotografer professional.

Bahkan spesialisasi berkembang bukan hanya ke manusia namun juga ke kuliner, dan berbagai pengambilan jenis foto lainnya. Kamu punya kemampuan foto melebihi rata – rata ? Ayok ambil serifikasinya, fotografer freelance bisa Berjaya loh.

Itu dia , berbagai profesi freelance yang Sekarang lagi naik daun nih.. apa yang kira – kira kamu pikirkan untuk profesi penambahan cuan kamu di tahun ini ? Semoga menginspirasi !

You May Also Like

33 comments

  1. Intinya harus belajar dan update ilmu ya say.
    Freelance itu menyenangkan bisa dapat cuan tambahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak, jaman sekarang kalo gigih bisa dapat cuan dimana - mana hihi

      Hapus
  2. Sama, dari kuliah biasa nyambi freelance macam2 serabutan, sekarang udah ngantor pun masih nyambi freelance

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apapun dijabanin ya kak, supaya menambah tabungan

      Hapus
  3. Perlu keahlian khusus nih. Tapi Tampaknya cukup menarik untuk dicoba. Apalagi saat-saat pandemi seperti skrg ini

    BalasHapus
  4. Sangat menarik. Kelimanya merupakan profesi keren yg menjanjikan profit bila digeluti dg profesional. Terima kasih infonya mba..

    BalasHapus
  5. Saat pandemi seperti sekarang setiap orang memang harus kreatif untuk lebih menghasilkan cuan dengan jadi freelancer enaknya jam kerjanya kita yang atur sndiri dan tetap menghasilkan

    BalasHapus
  6. Luar biasa banget ya mbak sekarang pekerjaan2 itu bisa jadi pilihan anak muda dan memghasilkan. Kalau dulu mah, boro2 tahu, tapi sekarang malah berkecimpung di dalamnya :D

    BalasHapus
  7. pas banget buat orang -orang yang cari penghasilan tambahan disaat pademi, jadi bisa memilih profesi yang mo kita tekuni

    BalasHapus
  8. Keren banget.
    Sebagai freelancer, pasti ilmu-ilmu terus dipertajam agar bisa bersaing di saat pandemi begini. Penasaran sama Freelance Voice Over. Seru yaah...

    BalasHapus
  9. wow setuju sekali sama postingannya kak,, semua freelance yang dibahas memang sangat booming di masa seperti sekarang ini.. beruntung yang jago coding..

    BalasHapus
  10. Peluang selalu ada ya
    Asalkan mau memeksplorasi dn terus menggali juga belajar di berbagai skill atau keterampilan
    era digitalisasi memang membawa transisi yang signifikan

    BalasHapus
  11. Digital memberi kemudahan termasuk pekerjaan freelance yang bs dikerjakan siapapun :))

    Sangat menarik, dan aku tertarik sama freelance voice over. Cm belm ketemu nih komunitas atau gimana bisa dpt peluangnya :p

    BalasHapus
  12. Bisa jadi referensi buat nambah pemasukan nih mbaa
    Apalagi pandemi covid gini mesti lebih kreatif lg

    BalasHapus
  13. Untuk jadi freelancer benar-benar harus memiliki keahlian khusus dan mau belajar terus ya, jadi kesempatan pun semakin besar :)

    BalasHapus
  14. Semenjak pandemi memang berbagai pekerjaan freelance jadi naik daun ya. Satu yang pernah aku coba adalah Freelance Content Writer. Ternyata jadi freelancer itu penuh tantangan sehingga kita harus aware untuk terus meningkatkan skill secara berkala.

    BalasHapus
  15. Saya sekarang lagi di nomer 1 dan 2 ... Haha.. Enak ga enak sih. Enaknya lebih fleksibel aja, ga enaknya ya itu, pemasukan jadi ga se-stabil kalo kerja tetap.

    Tapi apapun itu disyukuri aja ya kak...

    BalasHapus
  16. Saya jadi freelance writer nih sekarang
    btw ada satu lagi yg naik daun, gaji dolar, validasi iklan gitu
    lumayan

    BalasHapus
  17. Peluang berburu cuan di era digital semakin banyak, ya.
    Asalkan kita gigih, mau berusaha, insyaALLAH ada jalan.
    Semangaaatt!

    BalasHapus
  18. Mantap nih tipsnya... apalagi masa pandemi begini ya

    BalasHapus
  19. Ngiderbae.my.id2/13/2021 04:48:00 PM

    Betul, kak. Sejak pandemi kebutuhan buat desain-desain khususnya untuk promosi online bertambah banget. Alhamdulillah merasakan juga nerima pesanan yang lumayan saat pandemi gini

    BalasHapus
  20. Banyak peluang menarik ya asal kita jeli melihat peluang dan mau mencoba hal baru seperti belajar coding dan voice over

    BalasHapus
  21. Nah iya, menarik bgt nih. Jam kerja lebih fleksibel. Btw, kalau mau cari peluang freelance gini kemana ya kak? Lewat situs tertentu kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya di project.id atau freelancer dan sribulancer sih ka :D khusus blogger biasanya gabung klub2 blog gitu

      Hapus
  22. Akun lagi tertarik sama voice over juga nih kak. Mengasah hari digital gini emang mau ga mau buat kita harus apdet terus yaa.

    BalasHapus
  23. Aku pernah daftar jadi voice over, sayang saingannya bagus-bagus dan suaraku agak medok hehe. Jadi ga lolos di Trans7 zamn awal awal. Memang pekerjaan freelance sekarang makin menjanjikan kok asalkan mau berjejaring dan mau belajar.

    BalasHapus
  24. Awalnya saya juga pingin coba terjun sebagai freelance writer nih, cuman belum kesampaian juga. Saat ini freelancer sedang naik daun di tengah-tengah pandemi gini

    BalasHapus
  25. Wah aku baru tahu kalau ada freelance voice over. Jadi pengen coba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada loh banyak yang butuh ternyata sering - sering upload di media sosial atau platform lain

      Hapus

What's your opinion about this article ?