5 Tips Untuk Kamu Jaga Bumi Kita

by - Tuesday, August 06, 2019


Sebelum sharing mengenai tips menjaga lingkungan yang mudah untuk kita terapkan. Ada beberapa hal yang perlu di highlight dalam event Forest Talk with Blogger dalam sesi materi ke 3 (tiga) oleh Mbak Atiek Widayati perwakilan dari Tropenbos Indonesia. Tropenbos Indonesia adalah yayasan resmi berdiri tanggal 22 Desember 2016 kini diberi nama Yayasan Tropenbos Indonesia. 

Tropenbos Indonesia sendiri memiliki tagline menarik "Menjadikan pengetahuan bermanfaat bagi hutan dan manusia" dan visi "Menjembatani kesenjangan antara pengetahuan dan praktik tentang Tata Kelola Lanskap Hutan yang Lebih Baik". Ini dikutip dari situs resmi Tropenbos Indonesia. Bu Atiek Widayati banyak sekali menceritakan mengenai hutan secara menyeluruh, baik itu istilah – istilah asing mungkin yang kita temui dan juga proses hutan yang menjadi sentral keseimbangan yang ada di bumi.

Dikutip dari The Nature Conservancy Indonesia

Nah, karena hutan adalah sebuah asset berharga yang dimiliki bumi. Maka dari itu menjaga bumi sama dengan menjaga hutan. Benarkah ? Beliau memaparkan hal mudah dan sederhana untuk kita terapkan.
Madu Hutan adalah salah satu hasil hutan Non Kayu

1. Ikut Dukung Melestarikan Lingkungan

Mungkin sedikit terdengar klise dan idealis, tapi hal ini benar adanya. Sesimpel kita menerapkan menggunakan barang konsumtif yang bijak. Misalnya memulai mengurangi kantong plastik, mengurangi jajan air kemasan menggunakan plastik, atau juga membawa wadah sendiri ketika ingin jajan. Sederhana tapi sulit banget dilakukan ya teman – teman ?


2. Ikut menggunakan Hasil Hutan, bukan Kayu

Ketika dijelaskan agak sulit dicerna. Tapi ketika dipaparkan dengan akhirnya paham. Ternyata banyak jenis hasil hutan lainnya bisa menggantikan kayu. Kebutuhan akan kayu bisa dibilang turut andil dalam mengurangi jumlah hutan karena bahan kayu digunakan untuk kebutuhan kita. Sebisa mungkin kita mencoba menggunakan hasil hutan non kayu. Seperti sekarang sedang maraknya, hasil rotan yang menjadikan furniture cantik dan juga estetik untuk dipajang dirumah. Kemudian dalam industri fashion mulai ada kerajinan terbuat dari rotan untuk tas unik handmade yang ciamik. Nah dengan menganti penggunaan tentu kita turut andil menyelamatkan bumi kan ya.


Hasil Pangan Masyarakat Desa Batu Gajah


3. Andil Mendukung Ekonomi Masyarakat Tepi Hutan

Masyarakat tepi hutan biasanya cenderung menggunakan hasil hutan untuk menjadi mata pencaharian mereka. Ketika kita tidak membutuhkan hasil hutan karya mereka. Tentu mereka kesulitan. Belum lagi hasil hutan kayu didominasi oleh industry besar seperti pabrik kertas, sawit, dan karet. Sedangkan masyarakat tepi hutan tidak memiliki kapasistas yang sama dengan perusahaan besar. Padahal dalam ekosistem, masyarakat turut andil mengkontrol keberadaan hutan tetap terjaga. Jika tak ada yang menjaga hutan, hutan akan alihfungsi menjadi lahan industri. Apabila kita mendukung ekonomi mereka dengan hasil hutan seperti madu, rotan, rempah – rempah tentu akan membuat hutan tetap lestari.

4. Turut Andil dalam Pemanfaatan Ekosistem Hutan

Apakah kamu senang berkemping atau juga menyusuri hutan ? Nah ini salah satu bentuk kamu melestarikan hutan untuk menjaga bumi. Keberaadaan ecowisata atau ecotourism turut andil dalam melestarikan hutan dan jaga bumi. Hasil ekonomi yang didapatkan juga bisa mensejahterakan masyarakat sekitar. Selain itu kita bisa belajar untuk mencintai lingkungan dengan belajar langsung dengan alam. Kita bisa memanfaatkan potensi ekosistem hutan seperti wisata pemandian air panas, arung jeram, bisa juga dengan kegiatan outbound alam yang menarik. Kamu mau jadi bagian dari lestarinya hutan ? Mari berkreativias.



5. Sosialisasi Aktif di Media Sosial dan Blog

Nah, hal yang saya lakukan ini juga salah satu bentuk saya turut andil menjaga bumi. Sederhana sih, tapi harapannya tindakan kecil dan sederhana ini dapat mengugah para pembaca untuk terus belajar menjaga bumi. Kita makin sadar bahwa bumi sudah tua yang butuh perhatian khusus dan jangan dirusak! Bencana alam yang banyak terjadi adalah bentuk kemarahan bumi pada kita. Layaknya orangtua kita yang menegur anaknya karena telah membuat kerusakan.

Lakukan gerakan cinta lingkungan dan sampaikan ke teman – teman lainnya untuk semakin sadar menjaga lingkungan dan akhirnya bersama – sama mengugah. Saya termasuk bahagia dengan adanya gerakan #ZeroGrassStraw yang dikampanyekan para pemuda sehingga banyak diterapkan beberapa merchant bisnis yang juga ikut andil mengurangi penggunakan sedotan plastik.

Ada ide apa lagi untuk jaga bumi menurut kamu ?


____________

Tulisan ini di dedikasikan dalam Lomba Blogger Forest Talk with Blogger yang diselenggarakan Yayasan Doktor Sutan Sjahrir.

Informasi Lebih Lanjut : lestarihutan.id

Yayasan Doktor Sjahrir 
Twitter  : @YSjahrir
Instagram : @yayasandoktorsjahrir
Web   : yayasandoktorsjahrir.id

You May Also Like

0 komentar

Tell your story about this article !

//]]>